Perusahaan operator seluler Inggris, OneWeb, meluncurkan 34 satelit baru ke luar angkasa menggunakan roket Soyuz milik Rusia.
Perusahaan itu bertujuan untuk menyediakan internet pita lebar (broadband) di seluruh di dunia.
Oneweb bersaing dengan miliarder Elon Musk dan Jeff Bezos dalam perlombaan untuk menyediakan internet cepat untuk daerah-daerah terpencil di dunia melalui satelit.

Badan antariksa Rusia, Roscosmos, menyatakan roket yang dioperasikan oleh Arianespace Eropa berhasil lepas landas dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada Sabtu (22/8) pekan lalu, pukul 22.13 waktu setempat.

Peluncuran satelit OneWeb itu merupakan yang kelima tahun ini, dengan yang terakhir pada 1 Juli lalu.

“Setelah berhasil menyelesaikan misi ‘Five to 50’, kami membangun kesuksesan kami dan memulai program peluncuran back-to-back yang ambisius hingga akhir 2021. Kami melihat permintaan besar untuk layanan kami dari pelanggan global, dan kami sangat bersemangat untuk menskalakan jaringan kami sebelum peluncuran komersialnya,” kata CEO OneWeb, Neil Masterson, seperti dikutip dari Telecom, Senin (23/8).

Didukung oleh sekitar 650 satelit, perusahaan Inggris itu menargetkan layanan internet komersial global itu dapat beroperasi pada tahun depan.

Susul SpaceX, Amazon Bersiap Kirim Satelit Internet ke Orbit
Seperti dilansir Phys, Arianespace, yang bekerja dengan Rusia selama hampir dua dekade terikat kontrak membuat 16 peluncuran roket Soyuz antara Desember 2020 sampai akhir 2022. Dengan misi terbaru ini, total 288 satelit kini berada di orbit konstelasi.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210823203954-199-684281/inggris-gaet-rusia-luncurkan-satelit-internet-saingi-spacex

You may also like

Entertainment

Polisi mengungkapkan bahwa komedian atau komika Fico Fachriza terjerat kasus penyalahgunaan narkoba jenis ...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *