Beritatiga – PKK Jawa Barat, Badan Kesatuan Bangsa Politik (Bakesbangpol) Jawa Barat, dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) bekerjasama dengan SeRVE Indonesia melatih kader PKK Jawa Barat dengan mempromosikan Pendidikan Damai dalam menciptakan lingkungan nyaman, damai dan sejahtera. Acara bertema “Penguatan Kapasitas Kader PKK Sebagai Garda Terdepan dalam Menciptakan Lingkungan Nyaman, Damai dan Sejahtera”.

Acara ini berlangsung di Aula pertemuan kantor PKK Provinsi Jawa Barat di Kota Bandung pada Rabu, 26 Oktober 2022 hingga Kamis, 28 Oktober 2022 dan dihadiri oleh 30 peserta dari area CIAYUMAJAKUNING (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) dan Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Cimahi).

Topik yang diberikan dalam rangka memperkuat kader PKK agar menjadi garda terdepan dalam menciptakan lingkungan yang aman, damai dan sejahtera adalah menjaga lingkungand dari bahaya masuknya isme-isme yang mengarah pada kekerasan seperti paham radikalisme dan terorisme.

Topik yang dicakup dalam pelatihan untuk pelatih ini diantaranya terkait definisi radikalisme, terorisme dan isme-isme lainnya yang ada dan berkembang di Indonesia, memahami orang-orang yang terpapar paham radikalisme dan terorisme, dampak tindakan radikalisme dan terorisme, keterampilan yang harus dimiliki dalam pencegahan dan penanganan radikalisme dan terorisme, pencegahan, penanganan dan pelaporan masalah radikalisme dan terorisme dan tindak lanjut yang akan dilakukan oleh kader-kader PKK setelah mengikuti pelatihan ini.

Dalam acara Pelatihan untuk pelatih (Training of Trainer) ini, kader PKK mendapatkan ilmu dari berbagai ahli dalam bidangnya seperti:

● Kepala Bidang Kewaspadaan Daerah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat, Dra. Hj. Eti Kusmiati, MM.

● Direktur SeRVE Indonesia Dete Aliah, S.Sos., M.A.

● Dosen jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran Dr. (Cand) Rizqi Ghassani, M.I.Kom, RFP.

Source: PRFMNEWS

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *